Monday, February 24, 2020
Jurus Jitu Jualan Di Face Book Tanpa Iklan
Kita bisa singkat prinsip tersebut dengan 3C agar mudah diingat yah, apa saja itu :
1.CONTENT
2.CONVERSATION
3.CONSISTENT
Wah pakai bahasa kulon (barat) semua nih hehe. Tenang kita akan bahas satu persatu yah.
1.CONTENT
Silahkan lakukan survey kecil-kecilan di Facebook Anda masing-masing, tulislah postingan pertanyaan “Apa Alasan Anda menggunakan Facebook?”
Saya sudah melakukannya, dan jawabannya cukup variatif, diantaranya :
- Menjalin hubungan komunikasi dengan kawan atau saudara
- Mencari berita atau kabar yang paling trend
- Sekedar hiburan dan sarana mengungkapkan perasaan
- Cari ilmu pengetahuan yang banyak di share
- Kepo-in kawan, lawan bahkan mantan, hehe
Abaikan poin terakhir yah, walau kadang ada benarnya. Hehehe
Nah ketika membaca hasil survey di atas, apakah Anda merasa ada yang kurang?
YA!
Tidak ada yang mengatakan bahwa mereka facebook-an untuk mencari barang untuk di BELI!
Jadi kira-kira apakah efektif berjualan di Facebook?
EFEKTIF dong, kalau engga ya ngga akan kita bahas disini. hehe
Hanya saja tidak bisa jualan brutal di setiap postingan yang kita miliki, ada tekniknya ada polanya. Facebook sendiri lebih efektif digunakan sebagai sarana pengumpul prospek dibanding jualan langsung.
Oke masih bisa ngikutin yah?
Lalu bagaimana caranya agar prospek mau berkumpul di facebook kita?
Jawabannya adalah CONTENT,
Apa yang kita bisa sediakan di Facebook kita agar mereka mau berkumpul?
Apakah karena kita suka sharing yang lucu, inspiratif atau bermanfaat. Jika kita bisa sediakan gulanya, otomatis semut akan berkumpul dengan mudah.
Gulanya itu adalah konten postingan yang menarik, maka calon prospek kita akan datang ramai-ramai ke facebook Anda.
Lalu apalagi prinsip berikutnya yang penting di facebook?
2.CONVERSATION
Kedua adalah conversation, percakapan atau interaksi. Satu hal yang harus kita pahami adalah Facebook adalah social media bukan selling media.
Jadi kembali ke nature-nya facebook, kita harus mempergunakannya untuk bersosialisasi. Kita harus paham bahwa yang kita juali ini manusia, jadi wajib kita manusiakan.
Seringkali Anda mungkin bertanya kenapa postingan Anda selalu sepi komentar dan like apalagi share? Pertanyaannya adalah apakah Anda pernah memberikan komentar dan like di status orang lain?
Berikan komentari terbaik Anda di status mereka. Like dan love kan gratis, maka berikan sebanyak banyaknya. Kalau memang postingan mereka inspiratif jangan ragu untuk share sesekali. Jangan lupa tandai nama mereka saat memberikan komentar untuk memberikan kesan lebih bersahabat.
Lalu kapan dong jualannya?
Nah banyak sekali yang belum memahami bahwa interaksi ini pun bagian dari promosi Anda. Dengan interaksi, kita membangun kepercayaan, dan ketika itu sudah terbentuk, jualan akan semudah update status.
Ingat selalu prinsip ini baik-baik, tidak ada interaksi maka tidak ada interaksi.
Mulai sekarang silahkan Anda targetkan berapa interaksi yang akan Anda bangun perhari. Berapa status yang akan Anda komentari dan jam berapa Anda lakukan hal tersebut.
Kebayang yah?
3.CONSISTENT
Prinsip berikutnya yang tak kalah penting adalah KONSISTEN.
Prinsip ini yang dilakukan para atlit dan pejuang perang untuk menang. Begitu juga prinsip ini harus dilakukan oleh seorang pebisnis yang juga ingin menang di dunia yang penuh persaingan kini.
Karena sekelas mastah sekalipun, jika ia tidak konsisten maka akan dikalahkan newbie yang tekun dan konsisten dalam belajar dan action.
Selain alasan diatas, ada juga system facebook yang memang mengharuskan Anda untuk konsisten. Algoritmanya yang bernama edgerank menyebabkan status Anda hanya akan muncul di timeline kawan-kawan Anda yang konsisten interaksi.
Jadi tanpa konsisten, maka postingan Anda hanya akan dilihat beberapa orang saja meski teman Anda sudah ribuan.
Maka prinsip ini sangat penting untuk diterapkan dalam teknik pemasaran menggunakan Facebook.
Sebelumnya kita sudah membahas prinsip penting dalam menggunakan facebook gratisan untuk media promosi. Masih ingat apa saja?
1.Content
Buat Konten yang Menarik agar Facebook Anda ramai dikunjungi calon prospek.
2.Conversation
Perbanyak Interaksi agar Anda di kenal dan prospek mempercayai Anda.
3.Consistent
Lakukan semua polanya secara konsisten alias rutin setiap hari.
Dengan melakukan ketiganya dijamin akun Facebook Anda akan semakin efektif dalam menghasilkan.
Sekarang kita akan memulai membahas yang lebih detail yah penerapan dari ketiga prinsip diatas.
Selama ini mungkin Anda sering melihat begitu banyak brand yang berseliweran di jagat maya, sebut saja untuk produk supplement brand M, O, B, dan lain sebagainya (ada yang tau kepanjangannya? Hehe).
Beberapa orang mungkin cenderung akan memilih salah satu atau dua dari brand tersebut untuk digunakan sehari-hari.
Tentunya juga distributor dari brand produk di atas pun ada banyak sekali di online, ada Mas A, Pak B, Mbak C, ada di toko online D, marketplace E, Instagram F dan seterusnya.
Nah setiap para customer pun cenderung hanya membeli dari salah satu distributor atau reseller brand produk suplemen saja, makanya kita sering lihat jualannya si A dan B sama, tapi kok hanya A yang ramai pembeli?
Pernah kepikiran hal tersebut? atau
pernah merasakan apa yang dirasa si B? hehe.
Jawabannya adalah perbedaan personal branding yang dibentuk.
Percaya atau tidak, sebuah penelitian mengatakan bahwa lebih dari 80% penjualan itu terjadi bukan karena produknya, tapi karena siapa yang menjual produk tersebut.
1.Tentukan Persona
Pertama Anda harus menentukan sebagai apa Anda ingin dikenal. Tentunya harus relevan dong dengan produk yang Anda pasarkan.
Misalnya Anda jual produk suplemen, maka Anda harus dikenal sebagai ahli kesehatan atau pengobatan alami.
Jika Anda jual produk mainan edukasi anak, maka kemungkinan Anda harus dikenal sebagai ahli parenting atau edukasi anak.
Jika Anda ingin dikenal sebagai Business Mentor, maka perbanyaklah sharing tentang tips-tips bisnis.
2.Tajamkan Pena
Setelah menentukan apa persona Anda, waktunya menajamkan pena. Artinya waktunya Anda belajar kembali.
Mungkin beberapa dari Anda sudah memahami seluk beluk dunia produk Anda, atau memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung sebelum memulai berjualan. Sehingga Anda memang sudah ahlinya.
Namun tenang jika belum, Anda masih bisa mulai mempelajarinya. Bisa mulai dari baca buku, browsing ke situs yang terpercaya, ikut training atau bahkan mentoring langsung ke ahlinya.
Saya yakin Anda yang serius ingin sukses, pasti serius tekun belajarnya yah, siaaaaapps?
3. Tunjukkan Pesona
Waktunya tunjukkan pesonamu, hasil dari pembelajaran Anda bisa mulai Anda sharingkan kepada rekan-rekan di facebook.
Dengan ini Personal Branding Anda akan terbentuk, selain itu Anda dapat meningkatkan interaksi dengan cara ini.
Kebayang yah?
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Bagaimana cara mengecek tiket pesawat? Langkah Mudah Cara Cek Kode Booking Tiket Pesawat
Bagaimana cara mengecek tiket pesawat? Langkah Mudah Cara Cek Kode Booking Tiket Pesawat 1. Kunjungi situs resmi maskapai penerbangan atau a...
-
Sidoarjo sebagai kota penyangga kota metropolitan surabaya tentu akan terimbas oleh kemajuan surabaya. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan aka...
-
Rental Mobil Mingguan Di jaman sekarang, kita harus cermat dalam mengambil keputusan, termasuk dalam memilih rental mobil di Surabaya atau ...
-
Bagaimana cara mengecek tiket pesawat? Langkah Mudah Cara Cek Kode Booking Tiket Pesawat 1. Kunjungi situs resmi maskapai penerbangan atau a...
No comments:
Post a Comment